Andi Gilang Juara Umum SS600 ARRC 2022, Pebalap Pertama Indonesia Juara Umum Supersport 600 Di ARRC

- Senin, 21 November 2022 | 10:20 WIB

 

Andi Farid Izdihar atau akrab disapa Andi Gilang persembahkan prestasi membanggakan bagi Indonesia di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2022. Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) tampil sebagai juara umum kelas Supersport 600 atau SS600 di ARRC 2022.

Juara umum SS600 ARRC 2022 yang didapat Andi Gilang ini sekaligus menjadi juara pertama pebalap Indonesia di kelas SS600 di ajang ARRC.

Baca Juga: Pebalap Astra Honda Target Podium ARRC di Sugo Jepang

Titel juara didapat setelah Andi Gilang sapu bersih podium pertama dalam dua race di Chang International Circuit, Buriram, Thailand Sabtu-Minggu (19-20 November). Total poin akhir Andi Gilang sama dengan posisi runner up yaitu Helmi Azman pebalap Boon Siew HONDA Racing Team Malaysia yang sama-sama mengkoleksi 158 poin. Jumlah juara lebih banyak didapat Andi Gilang, akhirnya membuat pebalap Astra Honda Racing Team ini mendapat gelar juara umum SS600 ARRC 2022.

Andi Gilang bersama Honda CBR600RR, benar-benar menunjukkan taringnya pada seri terakhir ARRC. Pada balapan pertama Sabtu (19/11), pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu tampil sangat impresif. Start dari posisi kedua, dirinya sempat melorot ke beberapa posisi. Namun di pertengahan balap, dirinya berhasil merangsek semakin ke depan, mampu mengatasi perlawanan para pesaing dan menduduki podium teratas.

Pada balapan kedua Minggu (20/11), Andi masih konsisten tampil apik. Sadar tertinggal 14 poin dari pimpinan klasemen, dia harus merebut kembali podium teratas dan merebut 25 poin lagi. Upaya itu berhasil, tampil di atas trek basah dan licin, Andi bertahan hingga lap terakhir saat dirinya harus disalip oleh pebalap Thailand. Pengalaman berbicara, Andi mampu mengambil lagi posisi terdepan dan mengamankan race kedua dengan kemenangan, mengumandangkan Indonesia Raya sekali lagi, sekaligus memastikan gelar juara.

Kemenangan ini begitu dramatis, karena dengan hasil race terakhir, perolehan poin Andi Gilang menyamai pimpinan klasemen sebelumnya. Namun Andi dinyatakan sebagai kampiun kelas SS600 karena mengoleksi kemenangan lomba lebih banyak.

Halaman:

Editor: Kukuh Setyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WSBK Mandalika Ditonton Hampir 52 Ribu Penonton

Senin, 14 November 2022 | 14:01 WIB

Asia Talent Cup DI Mandalika Race 1, Veda Finish Juara

Sabtu, 12 November 2022 | 18:49 WIB
X