Toyota C-HR di Indonesia Bisa Nenggak Etanol, Tenaga Nambah!

- 12 Mei 2018, 17:50 WIB

Jakarta - Toyota kan mengimpor langsung si C-HR dari Thailand ya. Disana, mobil-mobil yang beredar sudah jamak bisa menenggak Etanol.

Kalau pernah dengar istilah E85 pada spesifikasi mobil-mobil di Thailand, nah itu maksudnya mesin tersebut sanggup menenggak kandungan Etanol pada BBM sampai 85 persen.

Efeknya, selain emisi gas buang lebih bersih, pembakaran mesin juga lebih sempurna, sehingga lebih irit BBM.

Juga ada satu lagi benefit bahan bakar yang mengandung Etanol. Yakni mirip Octane Booster, bisa mendongkrak performa mesin secara instan.

Nah itu yang ditawarkan Toyota C-HR yang dijual di Indonesia. Mesin 1.8 liternya sudah bisa meminum Etanol layaknya mesin-mesin di Thailand.

"C-HR dikembangkan di Thailand, yang pangsa pasarnya sudah pakai Etanol. Makanya dibuat seperti itu secara global," ungkap Dealer Technical Support TAM, Didi Ahadi.

Secara spesifikasi masih sama, 16 katup DOHC Dual-VVTi. Bedanya hanya di material beberapa komponen yang dibuat tahan terhadap Etanol.

Jika bensin oktan 91 tenaganya 135,4 Hp maka dengan BBM E85 tenaganya bisa mencapai 138,1 Hp, naik 3 HP," ujarnya.

Sementara torsinya juga meningkat. Dengan oktan 91 torsi Toyota C-HR mencapai 167 NM, sedangkan kalau minum Etanol mencapai 175 Nm.

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Terkini

X