Penyebab Aki Mobil Soak Atau Tekor, Simak 4 Hal Berikut!

- 2 April 2021, 02:47 WIB
Ilustrasi aki (accu) Mobil Tekor Atau Soak /StockSnap

OTOJURNALISME - Setiap kendaraan pasti memiliki komponen yang bernama aki.

Aki ini berperan sebagai sumber listrik mobil untuk menyuplai kebutuhan listrik semua perangkat elektronik kendaraan. Salah satu masalah yang sering muncul pada aki ini adalah soak atau tekor.

Aki yang soak, akan terasa berat saat menyalakan mesin. Biasanya mesin bisa langsung hidup dalam sekali start, tapi kalau aki tekor mesin bisa tidak menyala karena aki tidak mampu memutar poros mesin.

Baca Juga: 10 Indikator Panel Mobil, Driver Harus Paham!

Sebenarnya, penyebab aki tekor ini tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Biasanya, penyebab aki tekor ini didasari oleh kebiasaan buruk si pemilik kendaraan tersebut.

Hayo, pada ingat dan sadar nggak sudah melakukan apa di mobil kesayangan? Biasanya sih kebiasaan buruk ini merupakan kebiasaan yang nggak disadari oleh si pemiliknya.

1. Aki Berumur
Biasanya aki yang sudah mulai tekor ini merupakan aki yang sudah cukup berumur. Aki yang sudah berumur lebih dari 2 tahun biasanya sudah mulai ada tanda-tanda kerusakan.

Makanya, periksa aki mobil kamu. Sebisa mungkin pada saat membeli aki diberi tanda tanggal pembelian agar paham mengenai durasi pemakaian.

Baca Juga: Merangkul adalah Teknik Berboncengan Paling Benar dan Aman

Halaman:

Editor: Irwan D


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X