Mengenal Asuransi Mobil Lebih Dalam: Polis, Premi, hingga Cara Klaim

- Jumat, 28 Januari 2022 | 10:51 WIB
Mengenal Asuransi Mobil Lebih Dalam: Polis, Premi, hingga Cara Klaim (Asuransi Mobil Traveloka)
Mengenal Asuransi Mobil Lebih Dalam: Polis, Premi, hingga Cara Klaim (Asuransi Mobil Traveloka)

OTOJURNALISME.COM - Masih banyak masyarakat Indonesia yang menghiraukan pentingnya memiliki asuransi mobil. Padahal, seperti yang sudah kita tahu, lalu lintas di Indonesia memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi. Bayangkan saja, Anda mengalami kejadian yang tak diinginkan dan harus melakukan perbaikan pada mobil, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Tidak sedikit, bukan?

Selain kerusakan, risiko kehilangan juga tinggi. Dengan memiliki asuransi mobil, maka kerugian yang Anda rasakan bisa dibantu pihak asuransi. Anda bisa daftar asuransi mobil di Traveloka. Tidak perlu ragu, karena Traveloka Lifestyle SuperApp bekerja sama dengan perusahaan asuransi terpercaya, yaitu Adira Insurance.

Anda akan mendapatkan perlindungan hingga ganti rugi saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil. Masih bingung memilih jenis asuransi mobil yang sesuai? Memahami istilah-istilah dalam asuransi akan sedikit banyak membantu Anda untuk menentukan jenis asuransi yang akan dipilih.

Baca Juga: Rekomendasi Villa Terbaik di Gili Trawangan, Lombok

Polis Asuransi Sebagai Bukti Tertulis

Manfaat asuransi mobil cukup banyak, yang paling utama adalah memberikan ganti rugi pada mobil yang rusak akibat kecelakaan atau hilang. Anda juga bisa mendapatkan manfaat tambahan lainnya jika mengajukan asuransi tambahan untuk mobil, seperti ganti rugi karena banjir dan bencana alam lainnya.

Perjanjian mengenai ganti rugi yang akan diperoleh serta hal-hal lainnya, seperti biaya premi akan tertulis di polis, yaitu dokumen legal yang mengikat antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Setiap orang yang mengajukan asuransi mobil akan mendapatkan nomor polis sebagai identitas. Setelah memiliki polis, Anda wajib membayar premi setiap bulan.
Anda harus paham betul apa saja yang tertulis di polis agar tidak mengalami kerugian. Hal ini juga bisa mengurangi risiko klaim ditolak.

Jenis Asuransi Mobil: TLO dan All Risk

Sama halnya dengan bentuk asuransi lain, terdapat beberapa jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu All Risk dan TLO. Apa sih bedanya asuransi mobil All Risk dan TLO?
Asuransi mobil All Risk akan memberikan jaminan pada segala bentuk kerusakan mobil, mulai dari kerusakan ringan seperti body mobil tergores, hingga kerusakan berat dan kehilangan.

Sementara itu, jika Anda memilih asuransi mobil TLO (Total Loss Only), maka jaminan yang diberikan adalah ganti rugi untuk kerusakan mobil di atas 75 persen dari harga kendaraan. Artinya, ganti rugi hanya diberikan pada mobil yang mengalami kerusakan berat saja.

Melihat manfaat yang diberikan, biaya premi asuransi mobil All Risk lebih mahal dibandingkan TLO. Jika Anda bingung memilih jenis asuransi mana, pada asuransi mobil All Risk biasanya digunakan pada mobil yang relatif masih baru, sedangkan pada mobil tua yang biaya penanganannya jika mengalami kerusakan tidak terlalu mahal maka bisa memilih asuransi mobil TLO.

Premi Asuransi Harus Dibayar Rutin

Premi asuransi adalah istilah biaya penanganan yang harus dibayarkan pihak nasabah agar nantinya dapat mengajukan klaim. Jika Anda tidak membayar premi, maka proses klaim akan ditolak. Untuk besarnya biaya premi asuransi, sudah ada aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi All Risk dan TLO. Kedua asuransi tersebut memiliki biaya premi yang berbeda. Semakin besar proteksi yang diberikan, maka biaya premi akan semakin mahal.

Halaman:

Editor: Irwan D

Sumber: traveloka.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mobil Listrik MG4 EV Diluncurkan Di Surabaya

Rabu, 5 April 2023 | 10:02 WIB
X