Teknologi Selected Catalytic Reduction UD Trucks Quester Euro 5 Menjadi Kendaran Logistik Ramah Lingkungan

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:37 WIB
UD Trucks Hadir di GIIAS 2022 (Otojurnalisme)
UD Trucks Hadir di GIIAS 2022 (Otojurnalisme)


OTOJURNALISME - PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) menggelar talkshow yang membahas lebih lanjut mengenai sistem dan teknologi ramah lingkungan yang hadir pada model terbaru armada UD Trucks Quester Euro 5.

Melalui teknologi Selected Catalytic Reduction (SCR) yang menggunakan AdBlue®, UD Trucks menyampaikan komitmen yang kuat untuk menghadirkan armada tangguh dan dapat diandalkan dalam memenuhi slogan terbaru UD Trucks yakni; Better Life for Logistic, Planet, and People.

Melalui ajang GIIAS 2022, UD Trucks memperkenalkan kepada publik empat model baru unit Quester dengan standar Euro 5. Ke empat model Quester yang dipamerkan tersebut adalah Quester Euro 5 GKE 280, Quester Euro 5 CDE 250, Quester Euro 5 GWE 410, Quester Euro 5 GWE 350.

Melanjutkan serangkaian acara UD Trucks, pada talkshow hari ini, UD Trucks menjelaskan lebih lanjut mengenai standar Euro 5 dengan sistem Selected Catalytic Reduction (SCR) yang dihadirkan pada unit Quester Euro 5 terbaru sebagai bagian dari usaha UD Trucks untuk memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah terkait emisi gas buang Euro 4 dalam melindungi bumi dan menuju kehidupan yang lebih baik terutama pada sektor transportasi dan logistik.

Baca Juga: Update Informasi Jadwal Ganjil Genap Puncak Hari ini Jumat 19 Agustus 2022, Berlaku di Ruas Jalan Berikut

Dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya polusi udara di Indonesia dan ketegasan pemerintah dalam menurunkan tingkat pencemaran udara melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia NOMOR P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N, UD Trucks hadir memberikan solusi lingkungan melalui armada Quester dengan standar Euro 5 dan teknologi SCR.


Ali Rachman selaku Head of Competence Development dari PT UD Astra Motor Indonesia menjelaskan,

“Saat ini produsen kendaraan bermotor berupaya untuk mengurangi kadar NOx sesuai peraturan pemerintah yang berlaku dengan beberapa cara. Selain kendaraan bertenaga listrik, ada dua cara lain yang digunakan untuk menurunkan NOx. Cara pertama dengan menurunkan NOx gas buang yang keluar dari mesin dengan cara menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Cara kedua dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx yang dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR). Dengan berbagai manfaat dan keunggulan yang telah dipertimbangkan, UD Trucks menghadirkan solusi menggunakan sistem SCR karena diketahui bahwa sistem ini melakukan pembakaran mesin yang sempurna, sehingga mesin nya tetap bersih dan awet, konsumsi bahan bakar yang efisien, serta tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar solar yang kurang baik seperti solar B30 yang bersulfur tinggi.”

Baca Juga: Hyundai STARGAZER Hadir Di Surabaya Mulai OTR Rp 247.300. 000 Dan Berbagai Program Menarik
UD Trucks yang sebelumnya dikenal dengan merek Nissan Diesel adalah produsen truk pertama di dunia yang memperkenalkan system SCR dan AdBlue® secara komersial pada truk untuk mereduksi emisi gas buang di tahun 2004.

Teknologi ini mampu mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utamanya. Lebih lanjut mengenai teknologi SCR, SCR adalah sebuah proses pengendalian emisi gas buang yang dilakukan setelah pembakaran dari mesin dan beroperasi pada suhu pembakaran mesin yang optimal.

Halaman:

Editor: Ricky Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X