BMW M3 Mengadopsi Tampang Seri 4 yang Kontroversial. Kini Memiliki Varian AWD.

- Sabtu, 26 September 2020 | 15:00 WIB

Sama seperti BMW Seri 3 atau Seri lainnya, kehadiran seri M juga ditunggu-tunggu oleh pecinta otomotif dunia. Tak terkecuali generasi terbaru M3 ini. Apalagi sebelumnya foto-foto prototipe-nya sempat tersebar di dunia maya, BMW juga sempat secara resmi merilis foto teaser-nya yang didominasi warna hijau, sampai fotonya bocor sehari sebelum pengumuman resmi. Sayangnya, BMW hanya memperkenalkan M3 dengan format sedan empat pintu saja. Padahal pabrikan Jerman ini sudah merilis foto teaser secara resmi. 

Jika Anda beranggapan bahwa M3 memiliki wajah Seri 3 generasi terbaru yang ditambahkan elemen-elemen sporty, maka itu salah besar. Karena ternyata M3 generasi ke-enam ini justru mengadopsi desain eksterior BMW Seri 4 terbaru yang kontroversial tersebut. Entah apa yang membuat BMW mengambil keputusan tersebut. Kemungkinan agar M3 ini terlihat lebih sporty dibandingkan mewah. Atau siapa tahu ini adalah identitas terbaru semua varian M nantinya. Siapa tahu. 

-

Ya, jadi bagian moncong M3 2021 ini terlihat mirip BMW Seri 4 generasi terakhir. Ini artinya terdapat gril radiator khas BMW yang berupa ginjal kembal berukuran raksasa. Memang tampilan seperti ini dari awal sudah mengundang perdebatan dan kontroversi. Tapi pihak BMW mengatakan bahwa ini bertujuan untuk memperkuat citra BMW dan konsumen dapat membedakan dengan mudah lineup BMW yang semakin banyak. Tim desainer BMW juga mengambil lampu utama Seri 4 generasi kedua pada body M3. Sedan kompak ini terlihat semakin sangar berkat hadirnya saluran udara berukuran besar pada bagian tengah depan dan sisi ujung bumper yang diletakkan secara vertikal.

Dari samping terdapat side skirt yang sporty, kaca spion yang lebih aerodinamis, dan pelek alloy berukuran 18 inci untuk depan dan 19 inci pada bagian belakang. Untuk varian Competition memiliki pelek berukuran 19 inci depan dan 20 inci belakang. Sedan mewah ini juga terlihat gemuk berkat rumah roda bagian belakang yang menggembung. Sementara itu untuk bagian belakang pihak BMW menambahkan lip spoiler, bumper belakang yang menggembung, diffuser belakang, dan 4 unit knalpot. Walau hadir dengan warna hijau, mobil ini memiliki tampang yang tetap mengancam para rivalnya.

-

Perubahan pada bagian dalam mobil terlihat cukup minim. Pihak pabrikan mengganti roda kemudi yang lebih sporty, tombol Start/Stop yang sekarang berwarna merah, dan untuk konsumen varian Competition akan mendapatkan tuas transmisi dengan desain khusus. Jok nya juga diganti dengan desain khas mobil sport dan dilapisi oleh kulit Merino dan terdapat Ventilation Sytem untuk pertama kalinya. Konsumen juga bisa memesan jok bucket yang lebih ringan 9,5 kg dibandingkan jok standar dan memiliki badge yang bisa menyala dalam gelap. 

Di belakang setir palang tiganya terdapat panel instrumen yang digital berukuran 12,3 inci. Pada kokpit tengah terdapat layar sentuh multimedia berdimensi 10,25 inci dengan fitur peta BMW yang berbasiskan cloud, Android Auto, dan Apple CarPlay. Pihak BMW juga membenamkan fitur yang hanya ada pada model M saja, seperti M Drift Analyzer yang mampu menganalisa kemampuan pengemudi dalam melakukan drift, dan M Laptimer yang akan melaporkan catatan waktu pengemudi dalam mengelilingi sirkuit.

-

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X