Volkswagen Golf R 2022. Hatchback Bertenaga 315 HP dan Drift Mode.

- Minggu, 20 Desember 2020 | 13:22 WIB

Meskipun Volkswagen (VW) Golf sudah memiliki varian hot hatchback, yakni Golf GTi, tapi sepertinya itu belum cukup kencang. Karena baru-baru ini pabrikan mobil asal Jerman tersebut memperkenalkan varian Golf yang jauh lebih kencang lagi, yaitu Golf-R">Golf R. Memang ini bukan pertama kali VW merilis Golf-R">Golf R ke pasaran, tapi kehadirannya memang selalu ditunggu oleh para fans-nya dari seluruh dunia. Lalu apa keistimewaan the real hot hacthback ini selain tenaganya yang lebih besar.

Dari segi penampilan, tentu Golf-R">Golf R baru ini memiliki paras yang jauh lebih sporty dibandingkan Golf biasa. Pada bagian depnnya tim desainer VW melakukan ubahan pada bumper sehingga terlihat lebih sporty. Untuk mempertegas identitas sebagai Golf terkencang saat ini, pihak VW meletakkan huruf 'R' pada gril. Pada bagian sampingnya, terdapat tambahan side skirt dan pelek alloy berukuran 19 inci dengan motif yang lebih sporty. Sementara itu untuk bagian belakangnya, terdapat spoiler belakang yang ada pada atap.Di bawah logo khas VW terdapat logo 'R' untuk mempertegas bahwa ini bukanlah Golf biasa. Bumper belakang juga mendapatkan perubahan dimana sudah terintgrasi dengan diffusser belakang dan 4 unit knalpot.

-

Untuk kabinnya, pihak VW membenamkan jok ala mobil sport berbalutkan kulit Nappa, beraksen biru, dan memiliki logo bertuliskan 'R' pada bagian backrest. Beberapa bagian kabin terlihat hadir dengan trim carbon fiber, pedal dibalut oleh stainless steel, dan roda kemudi dilengkapi dengan sistem penghangat dan ada tombol bertuliskan 'R'. Seperti Golf biasa, panel instrumennya sudah digital dan pada kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 10 inci menampilkan berbagai fitur multimedia dan mobil.

Tim insinyur VW melakukan perubahan pada suspensinya. Pada Golf-R">Golf R ini suspensinya di-upgrade dengan per yang lebih kaku dan dilengkapi dengan anti-roll bar. Selain itu juga ada aluminium subframe yang ringan dan meningkatkan camber negatif pada poros depan sehingga meningkatkan stabilitas saat menikung dengan kecepatan tinggi. Lalu ada sistem peredam adaptif, electronic locking differential, dan masih banyak lagi fitur canggihnya. 

-

Hal yang menarik adalah hadirnya dua mode pengendaraan baru, yakni Drift dan Special. Untuk mode Special dibuat khusus ketika pengemudi berkendara di sirkuit Nurburgring. Pada mode ini setting peredam ada pada level yang lebih lembut untuk memaksimalkan kontak langsung dengan aspal jalanan dan membantu pengemudi melewati jalan yang bergelombang di sirkuit yang terkenal itu. Sementara itu untuk mode Drift memang dikhususkan untuk drift. Pada mode ini sistem mengubah parameter sistem Electronic Stability Control dan mengoptimalkan distribusi tenaga ke seluruh roda melalui sistem all-wheel drive.

Jantung mekanis yang digunakan adalah bensin berkubikasu 2.000 cc 4 silinder dilengkapi dengan turbocharged menyemburkan tenaga 315 hp dan torsi sebesar 420 Nm. Untuk pasar Amerika Utara, Golf-R">Golf R 2022 ini dilengkapi dengan gearbox manual 6-percepatan dan otomatis kopling ganda 7-percepatan (DSG). Tapi untuk pasar Eropa hanya dilengkapi dengan transmisi otomatis kopling ganda 7-percepatan. Hatchback ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 4,7 detik dan kecepatan maksimalnya adalah 250 km/jam. 

Photos: Carscoops

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Terpopuler

X