BMW iX 2022. Flagship SUV Bertenaga Listrik dengan Daya Jelajah 600 KM.

- Minggu, 27 Desember 2020 | 22:17 WIB

Setelah sebelumnya memperkenalkan iX3 yang merupakan SUV bertenaga listrik pertama dari BMW, kini pabrikan asal Jerman tersebut kembali menampilkan SUV ramah lingkungan lainnya, yakni iX. Jika dibandingkan dengan iX3, maka iX ini memiliki dimensi yang lebih besar setara dengan BMW X5. Mari kita bahas mobil yang pada versi konsepnya bernama iNext ini.

Saat ini iX didapuk sebagai flagship untuk jajaran mobil listrik BMW. Tapi sayangnya desain eksterior iX 2022 ini bukanlah selera semua orang. Kesan futuristik begitu kental dibandingkan kesan mewah yang selama ini melekat pada semua lineup BMW. Pada bagian depannya terdapat lampu utama yang sipit dengan 4 unit LED Daytime Running Lights pada bagian atas masing-masing lampu depan. Gril tertutup khas BMW yang berupa ginjal kembar hadir dengan ukuran raksasa seperti yang sudah lita lihat pada Seri 4 terbaru membuat penampilan iX ini agak ‘aneh’. 

-

Aksen warna biru pada bumper depan terlihat kontras dengan kelir mobil seolah untuk menegaskan bahwa ini adalah mobil ramah lingkungan. Dari bagian samping juga terlihat aksen warna biru pada bagian bawah pintu dan pilar D pada mobil ini terlihat menganut floating style yang sempat ngetren beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk bagian belakangnya juga terlihat futuristis meskipun tidak ada lampu belakang yang menyatu seperti yang saat ini sedang tren. 

Jika bagian eksterior membuat Anda mengernyitkan dahi, mungkin tidak ketika masuk ke kabinnya. Pihak BMW mengatakan bahwa pihaknya mendesain interior iX menyerupai sebuah lounge dengan kursi bermotif unik, atap panorama yang besar, material yang berkualitas nomor satu, dan lega. Di belakang roda kemudi palang dua terdapat panel instrumen digital yang menjadi satu dengan layar multimedia yang mengingatkan saya pada Mercedes. Pada bagian kokpit tengah terdapat kenob transmisi, tombol untuk mengakses menu sistem operasi BMW dan tombol volume yang semuanya terbuat dari kristal. 

-

Tenaga penggerak yang dibenamkan adalah eDrive generasi kelima yang terdiri dari sepasang motor listrik. Komponen-komponen ini dibuat dari bahan yang ramah lingkungan, bukan bahan mentah yang jarang. Tenaga maksimal yang dikeluarkan adalah 496 hp dan pihak BMW mengklaim bahwa iX mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dibawah 5 detik. Untuk jarak tempuhnya adalah sekitar 600 KM. 

Untuk masalah pengisian ulang baterai, jika menggunakan fast charging dengan kekuatan maksimal 200 kW, maka baterai mobil bisa dari 10% sampai 80% dalam waktu sekitar 40 menit. Jika menggunakan Wallbox dengan 11 kW membutuhkan waktu kurang dari 11 jam untuk mnegisi ulang sampai penuh. 

Photos: Carscoops

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

BMW Indonesia Luncurkan The NEW BMW M5 Competition

Jumat, 17 September 2021 | 19:23 WIB

Suzuki Service Campaign Jimmy

Jumat, 17 September 2021 | 09:55 WIB

MINI Indonesia Luncurkan 8 Varian Model

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 11:11 WIB

Elipsis, Film Pendek Perdana Dari BMW Astra

Kamis, 15 Juli 2021 | 21:21 WIB
X