Motor 4-Tak Berasap? Baiknya Segera Cek Bagian Ini

- 27 Maret 2021, 20:00 WIB
Knalpot Motor Berasap /bikersrights.com

Otojurnalisme - Motor 4-tak memang tidak seharusnya mengeluarkan asap di knalpotnya, berbeda dengan motor-motor 2-tak yang sebelumnya hadir.

Biasanya, hal tersebut karena adanya oli pelumas yang masuk ke ruang bakar, sehingga asap putih terlihat di motor kesayangan kalian.

Bagaimana jika knalpot motor 4-tak kesayanganmu terlihat mengeluarkan asap? Langsung aja cek bagian-bagian ini!

Baca Juga: Piaggio, KTM, Honda dan Yamaha, Sepakat Pengembangan Bersama Baterai Swap Sepeda Motor

1. Ring Piston
Ini yang paling sering menyebabkan keluarnya asap putih dari motor kesayangan kalian. Ring piston yang sudah lemah, pasti menyebabkan oli masuk ke ruang bakar sehingga keluar asap putih dari moncong knalpot.

2. Silinder Blok
Silinder blok yang sudah lecet atau baret juga bisa menjadi sebab asap putih keluar dari knalpot, biasanya disebabkan karena pelumas yang kurang baik dan kurang volume seharusnya.

3. Seal Klep
Ini part yang sering terlepas dari perhatian padahal tugasnya lumayan berat lho guys, untuk memisahkan kepala silinder dan payung klep. sehingga jika karet seal klepnya sudah getas atau rusak akan menyebabkan oli masuk ke ruang bakar.

Baca Juga: Banjir Peserta Kelas 150cc Di Honda Power Matic Competition Astra Motor Bali Seri 2

Segera cek bagian tersebut dan jika sudah terlihat apa kerusakannya, baiknya langsung diganti part tersebut agar kerusakan tidak semakin parah.

Halaman:

Editor: Cahyo Widhi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X