Yuk, Kenali Ciri-Ciri Kerusakan Motor Matic Berikut Sejak Dini!

- Kamis, 9 September 2021 | 18:00 WIB
Menjadi suksesor Honda PCX 150, Honda PCX 160 mendapatkan banyak perubahan mulai dari rangka, mesin, desain, dan juga fitur-fiturnya. (Zulfikar Noer)
Menjadi suksesor Honda PCX 150, Honda PCX 160 mendapatkan banyak perubahan mulai dari rangka, mesin, desain, dan juga fitur-fiturnya. (Zulfikar Noer)

Ketika awal kemunculannya di tahun 2000-an, motor matic langsung mampu mendobrak pasar otomotif di Indonesia. Tidak membutuhkan waktu yang lama, motor matic sudah mampu menggeser posisi motor bebek sebagai jenis motor yang paling disukai. Berbagai varian dan tipe motor matic terus bermunculan dan mengalami pembaharuan, misalnya motor matic premium keluaran Honda, yaitu PCX. Harga motor PCX yang masih aman di kantong pun jadi salah satu alasan banyak yang melirik motor ini.

Namun, pastinya setiap barang memiliki masa pakainya masing-masing, begitupun dengan motor matic. Itulah alasan mengapa Anda harus rutin memeriksa kondisi motor Anda dan melakukan servis secara berkala. Menyepelekan kerusakan kecil dapat mendatangkan kerugian besar di waktu yang akan datang. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri motor matic yang mulai rusak. Berikut merupakan beberapa cirinya yang wajib Anda ketahui.

1. Tarikan Gas Terasa Lebih Berat

Seiring penggunaan, masalah yang sering dialami adalah tarikan gas yang terasa lebih berat. Biasanya, hal tersebut ditandai ketika Anda memutar gas, terdapat jeda waktu hingga akhirnya motor berjalan. Tarikan gas yang berat tersebut dapat menjadi masalah apabila Anda melalui jalan yang menanjak, maka kemungkinan motor Anda tidak kuat untuk melalui jalan tersebut.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Berkendara Dengan Matic Besar Agar Berkendara Nyaman Dan Aman

Tentunya Anda jadi harus repot mendorong motor Anda apabila hal tersebut sampai terjadi. Terdapat beberapa hal yang bisa jadi penyebab tarikan gas menjadi lebih berat, diantaranya adalah menumpuknya kotoran di sistem penyalur bahan bakar atau di filter udara.

Anda perlu memeriksa dan membersihkan sistem penyalur bahan bakar dan filter tersebut secara rutin, sebaiknya Anda membawa motor Anda ke bengkel agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, tarikan gas yang menjadi lebih berat juga dapat disebabkan oleh masalah pada komponen CVT.

2. Masalah di Bagian CVT

Persoalan lain yang sering muncul sebagai tanda awal kerusakan motor matic adalah masalah yang muncul di komponen CVT. Dilansir dari Wahana Honda, CVT merupakan kependekan dari Continuously Variable Transmission, komponen tersebut memiliki fungsi meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin motor pada bagian roda ban sehingga motor dapat berjalan dan dapat digunakan. Oleh sebab itu, CVT merupakan bagian yang sangat vital dari motor matic. Ciri-ciri masalah pada bagian CVT dapat dilihat dari kondisi komponen yang bernama roller. Komponen tersebut berfungsi untuk mengatur putaran mesin dari rendah ke tinggi.

CVT merupakan bagian yang sangat vital dari motor matic (Zulfikar Noer)

Halaman:

Editor: Zulfikar Noer

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tidak Lulus Uji Emisi, Yamaha Kasih Solusi Jitu

Jumat, 12 November 2021 | 19:13 WIB

Diskon Hingga 40 Persen Service Kawasaki Di Jatim

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB

Honda CB500X Tampilan Baru, Agresif  Bergaya Adventure

Senin, 27 September 2021 | 17:25 WIB

Terpopuler

X