Ducati MotoE Dipamerkan Perdana Dalam Tes Di Misano

- Selasa, 21 Desember 2021 | 09:52 WIB
Michele Pirro  te Ducati MotoE berkode V21L di Misano World Circuit Mrco Simoncelli
Michele Pirro te Ducati MotoE berkode V21L di Misano World Circuit Mrco Simoncelli

Mulai 2023, Ducati akan menjadi pemasok tunggal motor untuk balap FIM Enel MotoE™ World Cup, kelas balap motor listrik di MotoGP™ World Championship. Ini sesuai kesepakatan Ducati dengan Dorna Sports pada bulan Oktober.

Ducati pun mulai menyiapkan motor ini. Ducati MotoE untuk pertama kali ditunjukkan ke umum di Misano World Circuit Marco Simoncelli seperti dikutip dari ducati.com (20/12)

Motor listrik prototipe dengan kode nama "V21L", adalah hasil kerja bersama tim Ducati Corse dan para insinyur R&D Ducati, yang dipimpin oleh Roberto Canè, Direktur eMobility Ducati. Di sirkuit Misano ini Ducati MotoE dibawa Michele Pirro pebalap dan test rider Ducati sejak 201, yang mengevaluasi karakteristik teknis dan potensi motor listrik pertama Ducati.

"Menguji prototipe MotoE di sirkuit sangat menyenangkan, karena menandai awal dari babak penting dalam sejarah Ducati. Motornya ringan dan sudah memiliki keseimbangan yang baik. Selanjutnya, koneksi  throttle di fase pembukaan pertama dan ergonominya sangat mirip dengan motor MotoGP. Jika bukan karena keheningan dan fakta bahwa dalam tes ini, kami memutuskan untuk membatasi output daya hingga hanya 70% dari performa, saya bisa dengan mudah membayangkan bahwa saya sedang mengendarai sepeda saya.”  kata Michele Pirro, test rider Ducati.

Baca Juga: MGPA Tertarik Gelar Balap Motor Listrik Dunia Atau MotoE Di Sirkuit Mandalika

Roberto Canè, Direktur eMobility Ducati mengungkapkan. “Kami mengalami momen yang benar-benar luar biasa. Saya merasa sulit untuk percaya itu adalah kenyataan dan masih bukan mimpi! Ducati listrik pertama di trek luar biasa tidak hanya karena keunikannya tetapi juga untuk jenis usaha, menantang baik untuk tujuan kinerjanya dan untuk rentang waktu yang sangat singkat. Justru karena alasan ini, kerja seluruh tim yang didedikasikan untuk proyek ini sangat luar biasa dan hasil hari ini membalas kami atas upaya yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir. Kita tentu belum selesai; memang, kita tahu bahwa jalan di depan masih sangat panjang, tetapi sementara itu, kita telah meletakkan pondasi penting." Ucapnya.

Tantangan terpenting dalam pengembangan motor balap listrik tetap terkait dengan ukuran, berat, dan daya baterai. Tujuan Ducati adalah membuat motor listrik yang berperforma tinggi dan berkarakteristik ringan semua peserta FIM Enel MotoE™ World Championship.

 Fokus proyek Ducati MotoE ini pada performa yang lebih baik, pengendalian bobot dan konsistensi penyaluran tenaga selama balapan.

Editor: Kukuh Setyo W

Sumber: ducati.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

City Touring Dan Bukber Konsumen Fazzio Surabaya

Minggu, 17 April 2022 | 10:52 WIB

Kopdar Klub Anggota SHC Kupas Teknologi CB150X

Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:51 WIB

Terpopuler

X