Agar Tetap Aman Dan Nyaman, Ubah Ukuran Ban Motor Ada Rumusnya

- Jumat, 25 Februari 2022 | 18:09 WIB
 (Yamaha)
(Yamaha)

Otojurnalisme - Buat menunjang penampilan saat riding, bikers kerap mengubah tampilan sepeda motornya atau memodifikasi agar terlihat lebih gaya dan berbeda dari standar pabrikan.

Saat ini, banyak pengguna motor matic yang tertarik untuk dimodifikasi. Hal ini tidak kalah banyaknya dengan motor sport.

Namun, tidak banyak juga yang paham bagaimana cara modifikasi motor dengan tetap mengacu dari nilai-nilai safety riding (keselamatan berkendara).

Baca Juga: Terjual 1000 Unit Dalam 5 Jam, Yamaha Fazzio Paling Laris di Blibli

Bagian yang paling umum diubah biasanya sektor kaki-kaki. Saat memodifikasi kaki-kaki pada motor perlu diperhatikan ukuran standar roda motor matic yang identik dengan ukuran yang kecil mulai dari 12 inci, 13 inci dan 14 inci.

Agar tetap nyaman dan aman, ketika memodifikasi ban sepeda motor dapat menggunakan rumus paling umum yaitu plus dua tingkat dari ukuran standar.

Misal, ban standar motor matic berukuran 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci. Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan spakbor.

Baca Juga: Yamaha Ajak Konsumen Rasakan All New R15 Series Di bLU cRU Day

“Jika ingin mengubah dengan ukuran yang lebih besar atau kecil silahkan saja, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti saat ingin ikut ajang modifikasi, modifikasi ban motor bisa dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing," terang Fajar Afriansyah selaku trainer Yamaha Riding Academy (YRA) Safety Riding.

Halaman:

Editor: Zulfikar Noer

Tags

Terkini

New Honda ADV160, Mesinnya Mirip PCX160

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:10 WIB

City Touring Dan Bukber Konsumen Fazzio Surabaya

Minggu, 17 April 2022 | 10:52 WIB
X