Motor Listrik Yamaha EV Model E01 Resmi Diperkenalkan Di Indonesia

- Jumat, 22 April 2022 | 18:53 WIB


Yamaha menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yaitu Electric Vehicle (EV). Setelah E01 diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019, Yamaha kembali menampilkan motor tersebut untuk pertama kalinya kepada publik di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Lalu secara resmi E01 diperkenalkan dalam press conference bertempat di Head Office PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung Jakarta Timur hari ini 22 April 2022.

Perjalanan pengembangan teknologi kendaraan listrik Yamaha dimulai dengan munculnya Yamaha Power Assist System (PAS) e-bike di tahun 1993. Setelah itu menghasilkan sepeda motor listrik dengan kehadiran Yamaha Passol di tahun 2002, Yamaha EC-02 (2005), Yamaha EC-03 (2010), E-Vino (2014), Yamaha EC-05 (2019), Yamaha EMF (2022), hingga Yamaha E01 (2022).

Baca Juga: MGPA Tertarik Gelar Balap Motor Listrik Dunia Atau MotoE Di Sirkuit Mandalika

”Tantangan Yamaha dalam mengembangkan EV telah dimulai di tahun 2002 dengan model pertama yang diberi nama "Passol". Sejak saat itu kami telah menjual sebanyak 6 model EV ke pasar global yang tercatat dalam sejarah Yamaha. Dan saya dengan bangga ingin mengatakan sebuah fakta bahwa Yamaha adalah perusahaan paling berpengalaman dengan teknologi baterai melalui sepeda PAS (Power Assist System) kami. Hingga saat ini Yamaha telah berpengalaman memasok lebih dari 5 juta unit electrical power assist untuk sepeda secara kumulatif ke pasar dunia dalam sejarah panjang kami,” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Minoru Morimoto juga menambahkan mengenai pengembangan sepeda motor listrik Yamaha di Indonesia yang saat ini dilakukan masih sebatas test market. ”Sayangnya, kami belum menjual model EV di Indonesia, namun kami telah melakukan test market dengan E-Vino. Dan kami perkenalkan juga E01 di IIMS 2022 untuk melihat peluang terkait model ini. Kami sangat senang melihat respon serta antusiasme masyarakat yang sangat tinggi. Dan untuk menjawab rasa penasaran tersebut, hari ini Yamaha Indonesia secara resmi mengumumkan untuk melakukan test market terhadap E01 di jalanan umum di Indonesia untuk melihat kemampuannya beradaptasi serta mengumpulkan masukan dari konsumen secara langsung. Ini adalah "Proof of Concept" untuk menjawab tantangan EV Yamaha di Indonesia ke depan,” papar Minoru Morimoto.

Baca Juga: Beli Motor Yamaha Di Bulan Ramadan, Hemat Sampai Dua Juta Rupiah

E01 dilengkapi dengan semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc dan memiliki performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter). E01 adalah model yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi dan pengetahuan sepeda motor Yamaha, yang diaplikasikan pada konsep E01.

Desain E01 futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di charge dimanapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging). E01 memiliki fitur yang terhubung ke smartphone juga terdapat pada E01.

Market test E01 yang dilakukan Yamaha di Indonesia bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait pengembangan kendaraan berbasis listrik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Nantinya konsumen akan diberikan kesempatan untuk mencoba E01 yang akan dimulai pada semester 2 tahun ini dalam Proof of Concept Project Yamaha.

Halaman:

Editor: Kukuh Setyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

City Touring Dan Bukber Konsumen Fazzio Surabaya

Minggu, 17 April 2022 | 10:52 WIB

Kopdar Klub Anggota SHC Kupas Teknologi CB150X

Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:51 WIB

Terpopuler

X