Pasang Busi Ngga Boleh Lebih dari 10-15 Nm, Kalo Ngga Punya Kunci Torsi Gimana Caranya,?

- 26 September 2018, 15:25 WIB

otowheel.id - Pastinya bradr sudah tahu yang namanya busi pada kendaraan kita sangat penting, tanpanya mesin bradr akan membungkam beribu suara alias mejussss... 

Nah, mau tau ngga bradr kalo ganti busi itu ada caranya, supaya ngga selek alias dol drat yang ada silinder head, kalau sudah selek(dol) urusannya jadi ngga sepele lagi bradr, kita kudu bongkar tuh silinder head dan bawa ke tukang bubut untuk di verboss atau di tap ulang drat businya,,, ihhhh ngerihhhh. ngeri bongkar head dan ngeri biayanya bradr.

padahal kasusnya dari hal sepele, gara-gara kekerasan saat ngencengin businya, nah untuk itu ada tips sederhana dan bisa dijadikan patokan yang dapat bisa dipercaya.

Aslinya untuk memasang busi pada motor harian atau balap ada satuan angka kekerasannya, dapat bradr lihat pada kemasan busi Brisk contohnya, disana tertera 10 - 15 Nm. (Nanometer).

Masalahnya dan pastinya bradr atau rekan bikers lainnya sangat sedikit yang memiliki kunci torsi, supaya bradr dapat mengetahui persis nilai angka kekerasannya.

Jadi gimana donk,,? ngga usah bingung apalagi baper,,, karena ada tips sederhana juga mudah bagaimana mengencangkan busi dengan baik dan benar, ini tipsnya :

1. Drat pada busi harus terbebas dari kotoran atau debu/pasir

2. Drat busi serta busi jangan terkontaminasi dengan oli, biasanyakan kalau dibengkel oli ada aja dimana-mana.

3. Putar busi yang akan bradr pasang dengan tangan terlebih dahulu dan pastikan kalau dratnya sudah mentok atau busi sudah ngga bisa diputar dengan jari tangan lagi, lalu kencangkan busi dengan kunci busi se arah jarum jam sejauh 1/8 putaran atau sekitar 30 derajat.

Halaman:

Editor: Otowheels


Tags

Terkini

X