Kedepannya Sinar Juga Bisa Digunakan untuk Layanan Bikin Baru SIM Online

- 16 April 2021, 13:04 WIB
Pelayanan SINAR SIM online akhirnya sudah bisa diakses. Berikut link aplikasi yag sudah bisa diunduh oleh masyarakat.
Pelayanan SINAR SIM online akhirnya sudah bisa diakses. Berikut link aplikasi yag sudah bisa diunduh oleh masyarakat. / Reno Esnir/ANTARA FOTO


OTOJURNALISME - Polri baru saja memperkenalkan aplikasi baru Sinar (SIM nasional presisi) untuk memudahkan perpanjangan SIM di masa pandemi.

Untuk menggunakan Sinar, pengguna harus masuk melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Sementara layanan ini hanya bisa digunakan untuk perpanjangan SIM A dan C, namun kedepannya Polri mengatakan layanan SIM baru juga akan diluncurkan.

Aplikasi Digital Korlantas Polri juga saat ini hanya bisa diunduh di Play Store untuk ponsel Android dan saat ini sedang dipersiapkan untuk iOS.

Baca Juga: Intip Booth Mitsubishi di Ajang IIMS Hybrid 2021, Ada apa aja Disana ?

Sebagian besar proses perpanjangan SIM di Sinar bisa dilakukan sepenuhnya online menggunakan gawai, termasuk registrasi, verifikasi kesehatan dan psikologi, pembayaran. Pemohon juga tak perlu ke Satpas untuk mengambil SIM yang sudah diperpanjang sebab terdapat opsi dikirim ke rumah melalui Pos Indonesia.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat peluncuran Sinar pada Selasa (13/4) mengatakan proses pembuatan SIM baru online di Sinar segera diluncurkan walau tak disampaikan kapan.

Dia juga mengatakan Polri akan meluncurkan berbagai layanan online lainnya di bidang Korlantas.

"Ke depan kami akan melanjutkan dengan terobosan baru, dengan pembuatan SIM baru, STNK, BPKB. Ke depan kami akan luncurkan," katanya.

Baca Juga: Wuling Buka Dua Lokasi Arena Test Drive di IIMS 2021

Halaman:

Editor: Tigor Qristovani Sihombing


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X