Knalpot Motor Berasap Hitam Atau Putih, Ini Penyebabnya

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:54 WIB
asap berlebih dari knalpot menandakan ada masalah di pembakaran
asap berlebih dari knalpot menandakan ada masalah di pembakaran

Asap berlebih keluar dari knalpot atau kerap disebut ngebul perlu diwaspadai.  Ada masalah pada pembakaran.

Warna asap yang keluar dari knalpot ini ada yang putih dan hitam. Knalpot mengeluarkan asap putih dapat disebabkan karena ada oli yang masuk kedalam ruang bakar.

Masuknya oli ke ruang bakar menyebabkan ikut terbakar saat proses pembakaran. Gas buang atau asap yang keluar dari knalpot berwarna putih.

Oli masuk ke dalam ruang bakar  ini pertama bisa melalui bagian bawah piston. Saat piston atau seher bekerja maju dan mundur di silinder oli masuk. keausan dari piston atau dinding slinder dapat menyebabkan celah menjadi besar dan oli ikut naik ke dalam ruang bakar.  Kondisi ini juga akan lebih extrim bila ring piston juga mengalami keausan, maka oli yang naik menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Electric Vehicle | EV Alrendo TS Bravo Bikinan China Mampu jelajah 419 km

Masuknya oli keruang bakar yang kedua melalui celah antara batang klep dengan dudukannya. Bila celah mengalami keausan atau seal olinya rusak, maka oli dapat merembes masuk kedalam ruang bakar.

Dengan menggunakan kompresi tester,  tekanan kompresi dari ruang bakar dapat diketahui. Bila ada keausan, maka tekanan kompresi akan turun dari standarnya. Selain knalpot berasap juga tenaga akan berkurang dan lebih parah dapat menyebabkan mogok.

“Knalpot ngebul atau berasap pada dasarnya tidak akan terjadi jika rutin melakukan perawatan motor secara berkala meskipun motor jarang dipakai karena adanya pandemi Virus Corona. Perawatan secara berkala di AHASS tetap harus dilakukan. Hal ini demi menjaga kondisi motor Honda kesayangan selalu dalam kondisi yang terbaik” Kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

Editor: Kukuh Setyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KCS Dan HVIC Surabaya Serbu Honda Sport Motoshow

Minggu, 19 September 2021 | 01:25 WIB

Regulasi Lengkap Honda Modif Contest (HMC) 2021

Rabu, 15 September 2021 | 18:49 WIB

Ditolak Gojek Akhirnya Bikin Aplikasi Sendiri, Difa Bike

Selasa, 14 September 2021 | 16:39 WIB

Terpopuler

X