Ilmu Wirausaha Bengkel Dari AHYPP Dan SMK, Perlancar Fuat Jadi Pengusaha Bengkel Di Ponorogo

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:37 WIB

Bintang Motor di Jalan Jl.bangka Taman Arum Kabupaten Ponorogo ini menarik. Pemiliknya adalah anak muda.

Perkenalkan dia adalah Fuat Budi M alumni Astra Honda Youthpreunership Program jurusan  Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Fuad  merupakan angkatan pertama  perwakilan dari MPM Honda Jatim distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT di program AHYPP.

Setelah lulus SMK  Fuat mencoba berwirausaha dengan buka bengkel . Ilmu yang didapat dari sekolah dan mengikuti Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP) mendorong mendalami entrepreneurship dan menjadi pengusaha bengkel  diterapkan.

Baca Juga: WorldSBK | Penyelesaikan Kelengkapan Pertamina Mandalika International Street Circuit Dikebut

Usaha bengkel Motor roda dua Bintang Motor di Ponorogo  ini melayani jasa ganti oli dan spare part, servis ringan, servis lengkap, Over hole, tambal ban dan tubeles, servis kunjung  dan antar jemput

“Sejumlah tantangan dan hambatan saya dialami pada saat menjalankan usaha bengkel ini , mulai dari pinjam modal usaha di bank sampai harus menutup bengkel sementara dan harus bekerja ditempat lain. Namun, setelah mengikuti program AHYPP dan mendapatkan pelatihan kewirausahaan, dan bimbingan, cara mengelola usaha yang benar juga belajar tentang  perkembangan teknologi sepeda motor Honda semua itu dapat saya lewati dengan baik” kata Fuat.

AHYPP merupakan program berkala tahap lanjut bagi alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan telah memiliki usaha bengkel sepeda motor. Program yang telah berjalan selama tiga tahun ini telah berhasil mencetak dua angkatan alumni yang sukses menjadi wirausahawan muda pada tahun 2017 dan 2019.

Baca Juga: BIG BEST Peringati Hari Kesaktian Pancasila Turing Ke Monumen Kresek, Lanjut Explore Yogyakarta

Melalui AHYPP, para wirausahawan muda di bidang bengkel sepeda motor dibekali berbagai ilmu, yaitu pengetahuan terkait produk dan perawatan sepeda motor, pembentukan karakter wirausahawan muda yang cerdas, hingga cara mengelola bengkel yang memiliki daya saing kompetitif. Seluruh bengkel binaan diberikan pendampingan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan bengkel yang merupakan salah satu elemen penting dalam kemajuan sebuah usaha.

Halaman:

Editor: Kukuh Setyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Honda Matic Premium Day Hadir Di 9 Kota Di Jatim

Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:37 WIB

Terpopuler

X