Bikers Harus Tahu, Nih Penyebab Oli Mesin Motor Bisa Berkurang, yang Terakhir Sering dilakukan

- Kamis, 3 November 2022 | 20:12 WIB
ini penyebab oli motor berkurang (otojurnalisme)
ini penyebab oli motor berkurang (otojurnalisme)


OTOJURNALISME - Oli pada sepeda motor sangat penting untuk komponen mesin motor. Oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas mesin motor, menjaga komponen dalam motor dari korosi (karat), menjaga kebersihan mesin motor, dan menjaga suhu mesin motor.

Meski oli sangat penting bagi mesin kendaraan bermotor, masih banyak pemilik motor yang mengabaikan dan telat ganti oli secara rutin, sehingga terkadang ada yang mengalami saat ganti oli, volumenya menjadi berkurang.

Tentu hal tersebut akan menganggu sang pemilik motor karena dapat mengurangi kinerja mesin dari motornya sendiri dan suara mesin akan menjadi lebih kasar.

Baca Juga: Ducati Streetfighter SP dan Ducati Streetfighter V2 Resmi dijual di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Tejo Tritantao selaku pengawas bengkel Dunia Sepeda Motor mengatakan, ada beberapa yang menjadi penyebab oli mesin berkurang.

"Banyak faktor ya, bisa dari seal yang sudah bocor dan sebagainya. Kalau sudah mengalami hal tersebut sebagai mekanik disarankan untuk diperiksa lebih lanjut, karena bisa saja, pada saat seal sudah diganti ternyata ada komponen lain yang bermasalah, sebaiknya harus dibawa ke bengkeld an dicek secara meyeluruh," kata pria yang akrab disapa Tejo,saat ditemui di DSM beberapa waktu lalu.

Berikut adalah beberapa penyebab oli cepat habis :

Baca Juga: Permudah Layanan Purna Jual di Indonesia, Ducati Buka Diler Baru di Bintaro

Seal Bocor

Kebocoran pada seal oli bisa disebabkan oleh pengisian oli yang melebihi kapasitas dan umur daru seal oli itu sendiri. Hal ini akan menyebabkan ‘oil up’, dimana oli meluber lewat lubang pernafasan ke filter udara dan ruang karburator. Oli yang terbakar di ruang pembakaran ini akan membuat knalpot mengeluarkan asap putih. Hal ini bisa menyebabkan kebocoran pada seal oli.

Halaman:

Editor: Ricky Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X