Polresta Bekasi Mengimbau Pelajar SMA yang Cukup Umur Harus Memiliki SIM atau Denda Rp 1,5 Juta

- Selasa, 14 Maret 2017 | 14:36 WIB
Polis bagi-bagikan helm dan bunga kepada pengendara lalu lintas di Bekasi. (Foto : NTMC)
Polis bagi-bagikan helm dan bunga kepada pengendara lalu lintas di Bekasi. (Foto : NTMC)

BEKASI – Tidak membawa SIM (Surat Izin Mengemudi) dan tidak memakai helm adalah salah satu dosa berkendara lalu lintas yang paling sering dilanggar. Padahal SIM adalah bukti kompetensi seseorang dalam memenuhi  yang telah lulus uji pengetahuan, kemampuan dan keterampilan mengemudi di jalan. Pun dengan helm sebagai alat perlindungan utama bagi pengendara motor. 

Sayangnya, pelanggaran ini tidak sedikit di lakukan oleh pelajar SMU yang secara persyaratan sudah bisa mengajukan pembuatan SIM. Seperti yang disampaikan Kasatlantas Polresta Metro Bekasi AKBP Heru Purnomo SH saat menjadi Inspektur Upacara di SMAN 2 Cikarang, Senin (13/3/).

Ia menyampaikan kepada para siswa dan siswi, “Anak-anak bagi yang sudah punya KTP untuk segera mengurus SIM. Karena penting dalam berkendara,” katanya dihadapan para siswa.

Selain itu dia juga menghimbau kepeda siswa agar selaku mengenakan helm saat berkendara. Karena perangkat ini sangat penting untuk melindungi keselamatan jiwa terutama kepala adalah salah satu organ yang penting.

“Betapa berharganya kepala ini untuk dilindungi saat berkendara. Untuk itu selalu kenakanlah helm ketika berkendara,” katanya

Dia menjelaskan agar siswa mematuhi peraturan berlalu lintas bila tidak sanksi cukup berat yaitu denda maksimal Rp 1,5 juta dan jangan sampai menyogok aparat jika melanggar peraturan.

Himbauan ini, kata Kasatlantas, untuk menyampaikan program pencegahan, pembinaan sekaligus penindakan.

Setelah itu Polresta Bekasi juga menggelar operasi Simpatik Jaya di perapatan SGC Cikarang. Satlantas Polresta Bekasi membagi-bagikan bunga serta helm anak kepada pengendara yang tidak menggunakan helm.(otojurnalisme.com)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Honda Matic Premium Day Hadir Di 9 Kota Di Jatim

Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:37 WIB

XSR 155 Black Dog Garapan Kedux Garage

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:49 WIB

XSR 155 Custom Moto & Surf Dari Deus Temple Bali

Selasa, 28 September 2021 | 11:09 WIB

KCS Dan HVIC Surabaya Serbu Honda Sport Motoshow

Minggu, 19 September 2021 | 01:25 WIB

Regulasi Lengkap Honda Modif Contest (HMC) 2021

Rabu, 15 September 2021 | 18:49 WIB
X