Tips Supaya Puasa Tetap Lancar Meski kerja lapangan

- Selasa, 28 April 2020 | 13:49 WIB

Otojurnalisme-Menjalankan ibadah puasa ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim, apapun pekerjaannya wajib berpuasa selama satu bulan.

Lalu bagaimana bagi pekerja lapangan seperti kurir, Ojek Online (Ojol) yang rutinitas di lapangan dan berat ?

Berikut ini tips jitu supaya puasanya lancar bagi pekerja lapangan seperti kurir atau ojol, yang disampaikan langsung oleh Dr Meirda Retna Kencana, Dokter Umum Rumah Sakit EMC Tangerang.

"Karena pekerjaan di luar lapangan membutuhkan energi ekstra, cukupi dan seimbangkan kebutuhan nutrisi harian kita, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, lemak dan cairan," buka Dr Meirda saat dihubungi beberapa wakru lalu.

 

Dr Mierda mengatakan, asupan karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, mie, pasta, biji-bijian, serat dari buah dan sayur yang menjadi sumber energi utama selama dan sesuda bekerja selama puasa.

selain itu, Dr Meirda juga menyarankan, saat berpuasa supaya konsumsi air mineral harus dijaga, supaya tidak dehidrasi selama puasa.

Adapun minum air mineral yang disarankan untuk mencegah dehidrasi, minimal 2 liter dalam satu hari atau maksimal 4 liter.

"waktu minumnya bisa dibagi, mulai dari bangun sahur, saat sahur, menjelang adzan subuh, saat berbuka, setelah sholat maghrib, pasca sholat tarawih dan 1 jam sebelum tidur," sarannya.

 

Selain mencukupi kebuthan nutrisi dan air, saat puasa kebutuhan vitamin juga diperlukan, oleh karena itu, selama puasa usahakan tetap mengkonsumsi vitamin.
 
Supaya lebih baik, Dr Meirda menyarankan agar mengkonsumsi vitamin yang alami atau yang terdapat dari buah-buahan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

IIMS Surabaya 2022 Suguhkan Beragam Kejutan

Kamis, 2 Juni 2022 | 07:44 WIB
X