Pasang Rem Parkir Terlalu Lama Bisa Bikin Kampas Rem Copot, Kok Bisa ?

- Jumat, 3 Juli 2020 | 20:30 WIB

Otojurnalisme - Fitur rem parkir merupakan piranti keamanan standar pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Ada yang berupa elektrik ada juga yang berupa tarik tuas.

Sesuai dengan namanya, rem parkir mobil berfungsi untuk menjaga mobil tetap diam, meskipun diparkirkan di bidang yang landai.

Cara kerja rem parkir ini sangat sederhana, saat tuas ditekan, rem belakang akan mengunci sehingga mobil tidak bisa bergerak sendiri. Namun sayang, jika terlalu lama aktif, rem parkir justru bisa membahayakan karena kampas rem bisa copot dari pelat atau besi pemegangnya.

Masalah ini biasanya akan muncul pada mobil yang menggunakan rem belakang tromol yang memang memiliki bidang kontak yang lebih panjang ketimbang rem cakram.

Saat rem parkir ini aktif, sudah tentu kampas rem akan menempel kuat dengan bagian dalam tromol yang berfungsi untuk membuat mobil tetap diam.

Risikonya, jika terlalu lama menempel dengan tekanan yang sangat tinggi, justru kampas rem akan lengket pada tromol, dan bisa copot saat dipaksa melaju.

Risiko kampas rem copot ini akan makin tinggi jika kondisi rem parkir yang digunakan dalam kondisi basah. Makanya, saat rem dalam kondisi basah dan akan parkir dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya mobil diganjal saja dengan balok kayu atau batu yang kuat.

Bagaimana kalau terlanjur terjadi?

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Rekomendasi Villa Terbaik di Gili Trawangan, Lombok

Jumat, 28 Januari 2022 | 11:01 WIB

Komunitas Honda Tiger Gelar Munas X HTCI Di Surabaya

Minggu, 19 Desember 2021 | 19:23 WIB

Para Juara Final Battle Honda Modif Contest 2021 

Sabtu, 18 Desember 2021 | 23:39 WIB

Yamaha Jatim Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru

Senin, 13 Desember 2021 | 10:38 WIB

Terpopuler

X