Penyebab Ban Mobil Getar Saat Ngerem Meski Sudah Dibalancing

- Selasa, 25 Agustus 2020 | 18:00 WIB

Otojurnalisme - Guys, mungkin kamu pernah merasakan ban mobil masih bergetar, padahal sudah dibalancing.

Balancing dan spooring sendiri populer di kalangan pengendara dan pecinta otomotif.

Efek tindakan ini memang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara karena mampu meredam getaran yang dihasilkan akibat putaran roda. Tapi, mengapa setelah dilakukan balancing dan spooring getaran tetap terasa? Terutama saat roda di-rem.

Gejalanya, bila dipacu pada kecepatan tinggi dan di-rem, steering wheel terasa agak bergetar. Padahal mobil sudah dibalancing.

Menurut Suwarno, Technical dan Training Staf Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, bergetarnya steering wheel kemungkinan besar justru terjadi karena sistem rem.

Bukan tidak berfungsinya balancing.

Masalah sistem rem diantaranya, piringan (tromol) rem yang tidak rata. Yang paling sering adalah piringan rem ban depan (kanan-kiri).

Untuk mengatasinya, akan lebih baik jika piringan rem tersebut diganti dengan yang baru. Memang, ada sebagian orang yang berusaha mengatasinya dengan membubut komponen tersebut.

Efek balancing dan spooring memang untuk menghilangkan getaran yang timbul pada saat kendaraan melaju. Semakin tinggi kecepatan, getaran yang diproduksi akan semakin kuat. Namun, sumber getaran bisa juga berasal dari sistem rem.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Big Best Donasi Ke Panti Dan Masjid

Kamis, 28 April 2022 | 09:52 WIB

Vario 160 Ramadhan Ride, Riding Dan Berbagi

Senin, 25 April 2022 | 16:07 WIB

Terpopuler

X