Penggolongan Surat Izin Mengemudi  Untuk Motor ( SIM C)   

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 16:56 WIB
SIM C akan digolongan berdasarkan kapasitas mesin
SIM C akan digolongan berdasarkan kapasitas mesin

Penggolongan Surat Izin Mengemudi  untuk motor atau SIM C akan diberlakukan. “SOP sudah dibuat, tinggal disahkan saja. Intinya kita implementasikan di bulan Agustus, bisa di pertengahan atau di akhir bulan,” kata Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman dikutif dari NTMC Polri.

Dimana penggolongan SIM C ini tertuang dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Baca Juga: PPnBM 50 Persen Berlaku, Harga Mobil Akan Naik?

SIM C atau Surat Izin Mengemudi  untuk motor   ini dibedakan dibedakan berdasarkan kapasitas mesin motor yang digunakan.

1.SIM C, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

 2.SIM CI, berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic), atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

 3.SIM CII berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

 Baca Juga: Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Bersama Anak, Perhatikan Posisi Kaki

Dimana untuk  dapat memiliki SIM CI dan C II ada ketentuan yang harus diikuti.

Halaman:

Editor: Kukuh Setyo W

Tags

Terkini

KCS Dan HVIC Surabaya Serbu Honda Sport Motoshow

Minggu, 19 September 2021 | 01:25 WIB

Regulasi Lengkap Honda Modif Contest (HMC) 2021

Rabu, 15 September 2021 | 18:49 WIB

Ditolak Gojek Akhirnya Bikin Aplikasi Sendiri, Difa Bike

Selasa, 14 September 2021 | 16:39 WIB

Terpopuler

X